Kamis, 20 Juni 2013

Komputasi Cloud

Komputasi Cloud atau Cloud Computing merupakan definisi untuk teknologi komputasi grid ( grid computing ) yang digunakan pada pertengahan tahun 1990an. Istilah komputasi muncul pada tahun 2007 yang digunakan untuk memindahkan layanan yang digunakan sehari-hari ke internet, tidak digunakan di komputer lagi. Pada cloud computing ini berbagai pihak dapat mengembangkan aplikasi dan layanan berbasis SOA ( Service Oriented Architecture ) di jaringan internet.

Email yang tersedia dalam bentuk web mail merupakan contoh yang sangat kecil dari teknologi cloud computing. Dengan menggunakan layanan email seperti Gmail dan Yahoo Mail, orang tidak perlu lagi menggunakan Outlook atau aplikasi desktop lainnya untuk email mereka. Membaca email dengan browser memungkinkan dilakukan di mana saja sepanjang ada koneksi internet.

Virtualisasi dapat diartikan membuat sesuatu dalam bentuk virtual dari sesuatu yang berbentuk fisik. Jadi suatu komputer tersebut bersifat virtual tetapi nyata. dapat dikatakan demikian karena komputer tidak ada secara fisik melainkan virtual atau tidak nyata akan tetapi dapat melakukan hal seperti pada komputer nyata misalnya dapat pula dibuat suatu komunikasi jariangan baik keluar amupun masuk ke system operasai utamanya. Contoh virtualisasi itu seperti sistem operasi, perangkat penyimpan data atau sumber jaringan. Salah satu software virtualisasi adalah hypervisor. Hypervisor ini merupakan salah satu software unik yang dapat menjalankan lebih dari satu sistem operasi pada satu komputer. Misalkan saya menjalankan sisem operasi Windows 7 pada komputer 'nyata' saya dan menjalankan sistem operasi Windows 8 pada komputer virtual yang terdapat pada komputer 'nyata' saya.

Keuntungan Penggunaan Virtualisasi :
- Pengurangan Biaya Investasi Hardware.
- Kemudahan Backup & Recovery.
- Kemudahan Deployment. Server virtual dapat dikloning sebanyak mungkin dan dapat dijalankan pada mesin lain dengan mengubah sedikit konfigurasi.
- Mengurangi Panas ruang server/data center.
- Mengurangi Biaya Space.
- Kemudahan Maintenance & Pengelolaan.
- Standarisasi Hardware.
- Kemudahan Replacement.

Kerugian Penggunaan Virtualisasi :
- Satu Pusat Masalah, jika server induk bermasalah, semua sistem virtual machine didalamnya tidak bisa digunakan.
- Virtualisasi membutuhkan spesifikasi server yang lebih tinggi untuk menjalankan server induk dan mesin virtual didalamnya.
- Satu Pusat Serangan. Penempatan semua server dalam satu komputer akan menjadikannya sebagai target serangan.
Cloud computing lebih dari sekedar virtualisasi. Cloud computing merupakan gabungan antara teknologi virtualisasi dan grid computing. Tentunya implementasi cloud computing mampu memberikan hasil yang jauh lebih efisien dan powerfull dalam hal proses komputasi dan pengelolaan resource IT secara terdistribusi.

Sistem manajemen database klasik seperti SQL umumnya tidak disukai oleh para programmer karena RDBMS atau Relational Database Management System tidak dapat berkembang horisontal secara baik. Seringnya kita mendapatkan database yang berkembang tetapi secara read-only melalui kemampuan replikasi database dan untuk mendapatkan database yang berkembang horisontal secara read-write itu sangat sulit. Oracle saja sampai perlu membangun ORACLE RAC atau Real Application Cluster, yang menemui banyak tantangan untuk melakukan sinkronisasi data di internal cache melalui inter-koneksi khusus. Faktanya, perubahan data yang terjadi itu memerlukan waktu untuk mengirimkannya ke berbagai sistem. Selama data tersebut belum terkirimkan, kita memakai data yang tidak valid atau stale data/delta data.
NoSQL merupakan sistem menejemen database yang berbeda dari sistem menejemen database relasional klasik dalam beberapa hal. Perbedaannya antara lain NoSQL tidak membutuhkan skema table dan umumnya menghindari operasi join dan berkembang secara horisontal. Akademisi menyebut database seperti ini sebagai structured storage, istilah yang didalamnya mencakup sistem menejemen database relasional.

rnal cache melalui inter-koneksi khusus. Faktanya, perubahan data yang terjadi itu memerlukan waktu untuk mengirimkannya ke berbagai sistem. Selama data tersebut belum terkirimkan, kita memakai data yang tidak valid atau stale data/delta data

Tidak ada komentar:

Posting Komentar