Jumat, 01 Oktober 2010

Multimedia


Multimedia adalah penggunaan komputer dengan menggabungkan unsur teks, gambar, suara animasi serta video dengan menggunaka alat bantu, sehingga pengguna dapat berinteraksi, berkomunikasi dan berkarya. Multimedia sering di gunakan dalam dunia hiburan. Seiring dengan perkembangan zaman dan berkembangnya teknologi informasi sekarang ini multimedia juga digunakan dalam dunia pendidikan dan bisnis. 

Dalam dunia pendidikan biasanya aplikasi multimedia digunakan sebagai sarana pengajaran, sehingga pengajar dan siswa lebih komunikatif dan bahan pelajaran pun terlihat menarik. Sebagai contoh aplikasi multi media untuk pembelajaran misalnya e-book






Selain berperan dalam dunia pendidikan, multimedia juga berperan dalam dunia bisnis. Jaman sekarang orang-orang sudah menjajakan barang dagangannya di internet atau biasa kita sebut online shop. Banyak kita lihat situs-situs semacam toko yang menjual sepatu, baju, dan pernak-pernik lainnya. 



Elemen Multimedia

Elemen Multi media dapat diartikan sebagai informasi yang disajikan oleh komputer dalam bentuk suara, video, animasi, teks dan grafis. Multimedia merupakan salah satu komsep teknologi informasi baru yang menyajikan informasi dengan menggabungkan teks, suara, gambar, video, animasi dan grafis. 
Objek-objek
Media Diskrit           : elemen tunggal
Icon                       : gambar semantik (seperti simbol STOP). Pemakai harus terlebih       dahulu mempunyai pengetahuan mengenai icon.
Grafik                     : menjadi tujuan.
Citra                     : yang dihasilkan dari komputer, bisa berupa grafik 2D/3D tergantung sumbernya (seperti foto).
Teks                       : ukuran, tipe huruf, warna.
Media Kontinu        : elemen tunggal yang disusun berdasarkan waktu
Gambar bergerak (audio + video).
Layout Spasial
Absolut
 Koordinat relatif dengan aslinya / umumnya (pojok kiri atas), ex : aplikasi Windows.
Relasi berarah
 Menentukan susunan dalam ruang, ex : peta subway (petunjukarah).
Relasi topologi
Posisi elemen terhadap elemen lain, ex : contains, inside of,equals,cover, overlap, disjoint, covered by.
Alur teks
Alur berdimensi satu, ditunjukkan dengan area berdimensi dua.
Dimensi Temporer
Model temporer :
Terbatas : mis. 6 detik.
Tidak terbatas : mis. pemakai mengklik button.
Relasi paralel dan sekuensial, mis. 2 video dimulai bersamaan atau 1 video dimulai setelah yang pertama selesai.
Animasi
Gabungan dimensi temporer dan layout spasial (posisi suatu objek berubah sesuai dengan waktunya).
Interaksi Pemakai
Level Interaksi Pemakai :
Pasif : hanya visualisasi.
Reaktif : interaksi terbatas, ex : fs. Scroll panel.
Proaktif : memilih jalur atau penyeleksian, ex : button.
Reciprocal : berhubungan dengan informasi pembuatan pada pemakai.
Model Interaksi :
Navigasi                : memilih jalur yang diinginkan.
Perancangan    : pemakai memodifikasi gaya visual dari presentasi,    ex : warna, volume audio.
Bioskop            : pemakai dapat mengontrol waktu keseluruhan    (pada VCR, ex : play, stop).
Logika Aplikasi
Presentasi multimedia tradisional, tidak perlu logika :
Kunjungan virtual ke museum, menu DVD.
Sistem interaktif real-time :
Dunia virtual reality, permainan.
Logika aplikasi membutuhkan bahasa pemrograman (if case, goto ...)
Bahasa terkompilasi : C, C++.
Virtual machine : Java.
World Wide Web, MPEG-4, Director : scripting.




Software Pengolah

Untuk memunculkan elemen-elemen multimedia tersebut tentunya kita membutuhkan software untuk mengolahnya sehingga elemen mumltimedia dapat dimunculkan.
Untuk elemen multimedia berupa text kita dapat menggunakan microsoft word sebagai software pengolahnya, sedangkan untuk melihat hasilnya dapat menggunakan adobe reader (biasanya digunakan untuk e-book atau e-learning).
Selanjutnya software untuk mengolah elemen multimedia berupa gambar dapat menggunakan adobe photoshop, corel draw, dan lain-lain.
Elemen multimedia berupa grafik dapat diolah dengan microsoft power point, atau sotware-software lainnya karena tidak jauh berbeda dengan elemen multi media berupa gambar.
Yang terakhir adalah software pengolah audio dan video. Software pengolah untuk elemen ini sangat sering ditemukan dan digunakan contohnya winamp, windows media player, power DVD.





Software Penggabung
Untuk menjadikan sebuah informasi menjadi sajian multimedia yang menarik kita dapat menggabungkan elemen-elemen multimedia, sehingga multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi, teks, gambar, dan suara yang dirancan sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih interaktif dan menarik.
Setelah tahu software pengolahnya, berikut ini adalah software-software penggabung elemen-elemen multimedia :

- Macromedia Authorware
- Macromedia Director
- Macromedia Flash
- Multimedia Builder
- Ezedia
- Hyper Studio
- Ovation Studio Pro



Ketika ingin membuat suatu produk multimedia teman-teman perlu memperhatikan berikut ini :
a. Mengidentifikasi sasaran yang akan menggunakan program multimedia tersebut.
b. Mengembangkan atau mendeskripsikan tujuan pembelajaran dengan jelas.
c. Menyiapkan materi yang relevan dengan apa yang dibuat.
d. Identifikasi materi yang sudah terkumpul untuk diseleksi mana yang cocok dengan teks, gambar, foto, audio, animasi dan video.
e. Tentukan navigasi untuk program yang akan dibuat.
f. Membuat flowchart sesuai alur materi.
g. Mengerjakan proses pembuatan program multimedia dengan teliti.


Mutia Najmi
54409030
2ia15
UNIVERSITAS GUNADARMA
sumber : http://insomynwa.blogspot.com/2010/09/elemen-multimedia.html
kostanprotonema.site88.net/Materi/MULTIMEDIA.doc
wartawarga.gunadarma.ac.id
 


 








 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar